Kata
Grafis
menurut
etimologi adalah berasal dari kata Graphic
(Bahasa
Inggris) yang berasal dari bahasa latin Graphe
yang berarti
menggores, menulis, atau menggambar diatas batu.
Design
sendiri
merupakan proses pemikiran dan perasaan alam menciptakan sesuatu
dengan menggabungkan fakta, konstruksi, fungsi, dan estetika untuk
memenuhi kebutuhan manusia yang diungkapkan dalam gambar dan bentuk.
Design
Grafis
mencakup berbagai bidang yaitu teknik perencanaan gambar, bentuk,
symbol, huruf (typography), photografi, proses cetak (majalah,
brosur, billboard, X-banner, leaf let). Tujuan Design Grafis selain
menciptakan desain atau perencanaan fungsional, estetis namun juga
informatika dan komunikatif dengan masyarakat yang dilengkapi pula
dengan pemahaman mengenai psikolog masa dan teori-teori pemasaran
sehingga menjadi alat promosi yang ampuh.
Seni
grafis masuk kedalam seni terapan atau applied
art. Sedangkan
seni terapan adalah seni yang bertujuan (tujuan penciptaannya) adalah
untuk memenuhi suatu kebutuhan. Jadi, kesimpulannya seni
grafis
adalah cabang seni rupa yang proses pembuatan karyanya menggunakan
seni cetak, biasanya di atas kertas yang disebut dengan proses cetak.
Media
seni grafis adalah media yang digunakan dalam seni grafis berupa
tinta berbasis sari, cat air, tinta berbasis bentuk, reka rupa,
rancangan, atau sketsa ID. Kemudian kata komunikas
berarti menyampaikan suatu pesan dari komunikator (penyampai pesan)
kepada komunikan (penerima pesan) melalui suatu media dengan maksud
tetentu. Kata Visual
bermakna
segala sesuatu yang dapat dilihat dan dapat direspon oleh indra
penglihatan kita yaitu mata. Jadi, Desain
Komunikasi Visual bisa
dikatakan sebagai seni menyampaikan pesan (art
of communication) dengan
menggunakan bahasa rupa (visual language) yang disampaikan melalui
media berupa desain yang bertujuan menginformasikan dan mempengaruhi
hingga merubah perilaku. Target
audience
dalam target pasar sesuai dengan tujuan yang diinginkan, sedang
bahasa rupa grafi yang dipakai berbentuk grafis, tanda, symbol,
ilustrasi gambar/foto, typografi/huruf yang disusun berdasarkan
kaidah bahasa visual yang khas. Berdasarkan ilmu tata rupa isi pesan
diungkapkan secara kreatif dan komunikatif serta mengandung masalah
yang disampaikan (baik social maupun komersial) ataupun berupa
informasi, identifikasi maupun persuasi.
Penggunaan
Tekhnologi multimedia dan teknik persuasi pada masyarakat meliputi :
- Advertising (periklanan)
- Animasi
- Desian Identitas perusahan (corporate identity)
- Desain Marga Lingkungan
- Multimedia
- Desain Grafis Industri (promosi)
- Desain Grafis Media (buku, surat kabar, majalah, tabloid, brosur)
- Cerita Gambar (komik, karikatur, poster)
- Fotografi (desain dan komersial)
- Typografi dan ilustrasi
Tidak ada komentar:
Posting Komentar