Jumat, 30 Maret 2012

Unsur-Unsur Desain

Desain memiliki unsur-unsur yang sangat penting dan untuk melengkapi dalam terciptanya hasil karya yang menakjubkan. Unsur-unsur itu pula yang membuat sebuah desain memiliki nilai seni yang tinggi. Berikut adalah unsur-unsur seni :

A. Garis (Line)
Sebuah Garis adalah unsure desain yang menghubungkan antara satu titik point (unsur utama dalam seni) dengan titik point yang lain sehingga bisa terbentuk dan berbentuk sebuah gambar.

B. Bentuk (Shape)
Bentuk adalah segala hal yang memiliki diameter, tinggi, panjang, dan lebar. Contoh : lingkaran (circle), kotak (rectangle), segitiga (triangle), kubus (cube), dll. Menurut kategori sifatnya bentuk dibagi menjadi tiga :
  • Huruf (character)
  • Simbol
  • Bentuk Nyata (Form)

C. Tekstur (Texture)
Tekstur adalah tampilan permukaan (corak) dari suatu benda yang dapat dinilai atau dirasakan dengan cara dilihat atau diraba.

E. Ruang (Space)
Ruang merupakan jarak antara suatu bentuk dengan bentuk lain, dan dapat dijadikan unsur untuk member efek estetika desain. Menurut bentuk fisiknya ruang digolongkan menjadi dua :
  • Obyek (Object/Figure)
  • Latar Belakang (Background)

F. Ukuran (Size)
Ukuran Adalah unsure lain dalam desain yang mendefinisikan besar kecilnya suatu obyek.

G. Warna (Color)
Warna adalah unsur penting dalam obyek desain karena selain sebagai pelengkap juga untuk menambah keindahan dan keserasian dalm obyek desain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar